-->
WOW...Inilah 10 Fakta Paling Mencengangkan Pada Jaman Mesir Kuno, No 5 Paling Aneh

WOW...Inilah 10 Fakta Paling Mencengangkan Pada Jaman Mesir Kuno, No 5 Paling Aneh

Baca Juga

Jumpa lagi dengan Cah Angon. Mesir Kuno. Mendengar kata mesir pasti kalian memikir mumi, seram dan kumpulan piramida serta yang lainnya. Sebenarnya memang benar kalau kita mendengar kata mesir menurut sejarah pengertian yang sudah terlansir. Kerajaan mesir kuno memang mempunyai banyak sekali peninggalan pada jaman lalu.

Mesir kuno berdiri pada abad 3150 SM (Sebelum Masehi) dan berakhir oleh kematian Cleopatra pada tahun 31 SM lama banget lah tentunya sebelum masehi itu tahun kapan. Nah tetapi ada peninggalan sejarah paling mencengangkan ini dia.

1. Sangat Maju dalam Ilmu Kedokteran
Sungguh mencengangkan. Dalam bidang medis dan kedokteran, kemampuan bangsa Mesir jauh melampaui imajinasi kita. Mereka tidak hanya bisa memperbaiki tulang yang patah, namun mereka juga bisa melakukan operasi otak.


image : tentik.com

Selain itu, bangsa Mesir kuno mempunyai dan mengembangkan beberapa metode tes kehamilan. Sebagian dari metode ini sudah diuji oleh para ilmuwan dan ternyata hasilnya sangat efisien.

2. Juara Ilmu Matematika
Bisa dibilang bangsa Mesir kuno adalah juara dunianya ilmu Matematika. Para ahli bahkan menggaruk-garukan kepalanya ketika dihadapkan pada kejeniusan mereka. Salah satu contohnya bisa dilihat di dalam makam Abu Simbel.


image : tentik.com

Setiap tahun, dan terjadi dua kali dalam setahunnya, sinar matahari menyinari wajah Rameses II, dewa Amun dan Ra.

3. Piramida tidak Dibangun oleh Budak
Hollywood sering menggambarkan para budak menarik batu besar sambil dipecut, namun kenyataannya tidak sepenuhnya benar.


image : tentik.com

Tengkorak para pekerja mempunyai tanda-tanda arthritis dan penyakit lainnya, namun bukti mengatakan bahwa pekerja tersebut bukanlah budak, melainkan buruh/kontraktor yang dibayar.

4. Keluarga Berencana
Bangsa Mesir kuno adalah bangsa pertama yang tahu cara mencegah kehamilan. Tentu saja bukan dalam bentuk tablet atau pil seperti sekarang. Dulu mereka melibatkan buaya. Wanita Mesir kuno mencampurkan lumpur, madu dan kotoran buaya.


image : tentik.com

5. Membenci Rambut
Ya, bangsa Mesir kuno tidak suka dengan rambut. Saking bencinya, baik laki-laki atau perempuan mencukur rambut mereka dan lebih suka menjadi botak. Di dalam sebuah golongan masyarakat yang terobsesi dengan kebersihan dan kesehatan, adanya rambut seakan tidak penting dan justru mengganggu.


image : tentik.com

6. Punya Banyak Jenis Binatang Peliharaan
Bangsa Mesir kuno melihat binatang sebagai inkarnasi dari dewa-dewa dan juga adalah salah satu peradaban pertama yang mempunyai hewan peliharaan. Tidak diragukan lagi kalau kucing merupakan hewan keramat dan suci untuk mereka karena berkaitan dengan dewi Bastet,


image : historyofkids.net

tetapi mereka juga suka dengan elang, bangau, anjing, singa, rusa dan babon. Banyak dari hewan-hewan ini tinggal di rumah-rumah Mesir, dan mereka juga seringkali dijadikan mumi dan dikubur bersama dengan pemiliknya saat mereka meninggal

7. Pekerja yang Tidak Biasa
Jika Anda lahir dengan kondisi dwarfism (kerdil), maka bisa dipastikan bahwa Anda akan langsung mendapatkan pekerjaan. Orang kerdil sering disewa untuk pekerjaan yang sensitif seperti penambang emas misalnya.


image : selket.de

8. Sains dan Astrologi
Untuk permulaan, bangsa Mesir kuno adalah pencipta dari sistem kalendar yang terdiri dari 365 hari. Mencengangkan mengingat kalendar itu dibuat dari sekitar 6000 tahun yang lalu! Selain itu, para arkeologis juga percaya bahwa piramida di Mesir bukanlah dimaksudkan sebagai makam raja-raja terdahulu, melainkan sebagai instrument astrologi.


image : home.earthlink.net

9. Lokasi Piramida
Salah satu misteri matematika yang paling aneh adalah lokasi spesifik dari Piramida Agung Giza. Di mata kita mungkin piramida itu tampak diposisikan di gurun pasir secara acak, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa Piramida Agung tersebut sebenarnya terletak di pusat geografis dari daratan di Bumi.


image : whereig.com

10. Pemujaan Kucing
Seperti yang tadi kami beritahu di poin sebelumnya, kucing adalah hewan keramat bagi bangsa Mesir kuno. Ketika kucing mati, semua anggota keluarga pemiliknya akan mencukur alis mereka sambil berduka.


image : tentik.com

Jika ada seseorang yang membunuh kucing, baik sengaja ataupun tak disengaja, maka dia beresiko dikeroyok massa yang marah dan akan dibuang ke sarang ular beracun.

sumber ferensi :
tentik.com
 
 

Related Posts

WOW...Inilah 10 Fakta Paling Mencengangkan Pada Jaman Mesir Kuno, No 5 Paling Aneh
4/ 5
Oleh

PEMBACA